Beranda Tips

Tutorial Lengkap Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop

35
0

Media penyimpanan data yang portable dan mudah untuk di dikantongi adalah flashdisk. Walaupun ada hardisk external yang juga bisa dibawa, tapi tidak memungkinkan untuk dikantongi. Sangking seringnya kita menggunakan flashdisk untuk mengcopy data dari laptop satu ke laptop lainnya, masalah pada flashdisk pun acap kali muncul.

salah satu masalah pada flashdisk adalah flashdisk tidak terbaca baik pada laptop atau PC, jika hal itu pernah atau sedang dialami Gadgeteers, jangan buru-buru memformat atau membuang flashdisk. Sebaiknya Gadgeteers simak dahulu tutorial lengkap cara memperbaiki flashdisk  yang tidak terbaca di PC atau laptop.

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca, ada baiknya Gadgeteers mengetahui apa penyebab USB flashdisk tidak terbaca.

  • Port USB Kotor karena debu
  • Port USB rusak
  • Driver USB bermasalah
  • Serangan virus malware
  • Komponen flashdisk rusak

Dari beberapa penyebab flashdisk yang sudah disebutkan tadi, maka Gadgeteers bisa mengatasinya sesuai dengan penyebabnya, berikut cara mengatasinya sesuai penyebabnya :

Port USB kotor karena debu

Untuk permasalahan Port USB Kotor karena debu, ada beberapa langkah mudah yang dapat Gadgeteers lakukan terlebih dulu, di antaranya:

  • Bersihkan port USB dan konektor USB dengan menggunakan kuas pembersih untuk mengangkat partikel debu yang menutupi. Bersihkan juga bagian kuningan pada flashdisk dengan menggunakan karet penghapus (apabila konektor USB adalah yang bertipe terbuka).
  • Kemudian coba hubungkan flashdisk di PC/laptop lain. Di sini untuk menguji, apakah flashdisk yang rusak atau malah PC/laptop yang bermasalah.

Port USB rusak

Jika sudah dibersihkan port USB tetapi masih flashdisk tidak bisa terbaca, ada indikasi kalau port USB di PC atau laptop Gadgeteers rusak, cobalah untuk memindahkan flashdisk ke port USB lainnya.

Driver USB bermasalah

  • Jika penyebab flashdisk Gadgeteers tidak terbaca akibat permasalahan driver USB maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan update driver USB atau menginstal ulang driver USB. Berikut caranya :
  • Hubungkan flashdisk ke port USB, lalu buka pengaturan device manager pada PC atau laptop Gadgeteers.
  • Pada jendela Device Manager, cari opsi Universal Serial Bus controllers, kemudian buka menu dropdown dan cari perangkat bernama USB Mass Storage Device yang akan diberi tanda peringatan kuning apabila mengalami error.
  • Sekarang pada USB Mass Storage Device  klik kanan dan pilih opsi Uninstall Device. Jika muncul pop-up peringatan, klik Uninstall saja. Setelah proses selesai, Gadgeteers bisa mencabut flashdisk tetapi sebelum dicolokkan  kembali, sebaiknya lakukan restart dahulu pada PC atau laptop.

Serangan virus malware

Serangan virus atau malware juga dapat menyebabkan flashdisk Gadgeteers tidak mau terbaca. biasanya virus menyembunyikan semua isi file yang ada di flashdisk. Cara paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan scanning flashdisk dengan software anti virus. jika PC atau laptop Gadgeteers sudah terlanjur terjangkit virus sebaiknya scan di PC atau laptop yang berbeda yang sudah terinstal anti virus.

Komponen flashdisk rusak

Jika semua cara di atas sudah Gadgeteers lakukan dan hasilnya tetap saja flashdisk tidak dapat terbaca maka bisa jadi komponen pada flashdisk mengalami kerusakan.Banayk penyebab kerusakan komponen flashdisk rusak, salah satunya adalah faktor umur penggunaan flashdisk dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Oke segitu saja tutorial cara memperbaiki flashdisk yang tidak dapat terbaca pada PC atau laptop. selamat mencoba.

WN

Topik Hot Lainnya:   4 Game Lari Android Paling Keren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − eight =