Sejak Samsung meluncurkan antar muka baru pada ponsel Android keluar terbarunya yaitu One UI, experience dan fitur yang dirasakan pengguna ponsel Samsung pun bertambah. Salah satu fitur yang ada pada Samsung One UI adalah kemampuan meningkatkan kualitas audio. Fitur ini masih banyak pengguna Samsung belum mengoptimalkannya, padahal jika fitur ini dioptimalkan penggunaannya maka pengalaman saat mendengarkan musik di ponsel Samsung pun akan menyenangkan. Nah berikut cara meningkatkan kualitas audio pada Samsung One UI

Mengatur Equalizer

Beberapa merek ponsel Android tidak menyertakan fitur equalizer secara default, jika Gadgeteers ingin menggunakan equalizer maka harus menginstal aplikasinya di Play Store. Tetapi berbeda dengan ponsel Samsung, Gadgeteers tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lainnya, kalau hanya untuk meningkatkan kualitas audio.karena fitur equalizer sudah tersedia secara default. Dengan mengatur equalizer maka, Gadgeteers bisa menentukan sendiri pengaturan yang diinginkan.  Untuk menggunakan dan mengatur equalizer pada ponsel Samsung One UI, Gadgeteers langsung saja buka menu Settings > Sounds and Vibration > Advanced Sound Settings > Sound Quality and Effects > Equalizer. di menu ini Gadgeteers bisa mengatur bass, treble, vokal dan lain sebagainya.

Menggunakan Aplikasi SoundAssistant

Selain menggunakan fitur equalizer tadi, Gadgeteers bisa meningkatkan kualitas audio pada ponsel Samsung dengan menginstal aplikasi SoundAssistant, aplikasi ini juga dibuat oleh Samsung jadi sudah tambat dipastikan sangat kompatibel dengan ponsel Samsung. Aplikasi ini bisa Gadgeteers download secara gratis di Play Store. 

Aplikasi ini juga mempunyai fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur volume dari aplikasi tertentu seperti misalnya YouTube atau bahkan aplikasi game.

Aktifkan Fitur Adapt Sound

Gadgeteers bisa juga mengaktifkan Fitur Adapt Sound pada ponsel Samsung untuk merasakan kualitas audio yang lebih baik. Fitur ini memungkinkan Gadgeteers untuk menyesuaikan kepekaan pendengaran saat mendengarkan musik, video, ataupun telepon agar suara yang dihasilkan lebih jelas.

Jadi, setelah Gadgeteers melakukan sejumlah tes audio yang diberikan oleh fitur ini, nantinya kualitas audio yang dihasilkan akan disesuaikan dengan hasil tes tersebut.

Mengaktifkan Fitur Dolby Atmos

Pastinya Gadgeteers tidak asing lagi dengan kemampuan dari Dolby Atmos untuk meningkatkan kualitas audio. Pada ponsel Samsung kelas premium fitur ini juga sudah disediakan secara default, tinggal Gadgeteers aktifkan saja maka kualitas audio akan terdengar lebih baik.. Gadgeteers cukup buka menu  Settings > Sounds and Vibration > Advanced Sound Settings > Sound Quality and Effects > Dolby Atmos.

Itu tadi beberapa cara meningkatkan kualitas audio pada Samsung One UI, selamat menikmati kualitas audio terbaik.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri