Beranda Aplikasi

Tutorial Lengkap Cara Merekam Game Dengan Software Bandicam

371
0

Pada postingan sebelumnya kita sudah ngebahas tentang software perekam layar di PC, di artikel kali ini kita masih akan membahas software perekam layar yang sangat sederhana tetapi cukup baik karena dapat menghasilkan resolusi tinggi. Software perekam layar itu adalah Bandicam, software merekam layar yang mampu merekam dengan resolusi tinggi mencapai 4K Ultra HD. Selain itu, rekaman yang dihasilkan berkualitas tinggi dengan ukuran video yang relatif kecil. Nah khusus untuk software ini, kita akan gunakan untuk merekam game. Berikut tutorial merekam game dengan software Bandicam. 

Untuk Gadgeteers yang belum memiliki software Bandicam dapat mendownloadnya di website resminya Bandicam.com

Setelah download dan instal, langkah selanjutnya mengatur setelan agar Bandicam bisa lancar saat merekam game. Pada menu utama, pilih mode Game Recording Mode dengan memilih ikon konsol game di bagian atas. Klik pada tab General untuk mengatur setelan umum Bandicam.

Tentukan juga lokasi penyimpanan file hasil rekaman dengan cara mengganti kolom output folder.

Sekarang kita masuk ke pengaturan video. Masuk ke tab Video untuk merubah setelan rekaman sesuai dengan yang Gadgeteers inginkan. Klik Settings untuk membuka opsi setelan lebih lanjut.

Lalu check list pada opsi Record Sound kalau Gadgeteers ingin merekam suara pada video yang akan Gadgeteers buat.  Selain itu jika Gadgeteers mempunyai dua sumber suara yang ingin direkam maka klik Secondary Sound Device lalu cari output microphone Gadgeteers.

Dan jangan lupa untuk check list opsi Two Sound Mixing untuk mencampur kedua audio menjadi satu trek dan memperkecil ukuran video. Untuk merekam suara pada saat-saat tertentu saja, Gadgeteers bisa check list pada opsi Push-To-Talk or Push-To-Mute, lalu atur _hotkey_atau tombol yang Gadgeteers inginkan.

Biasanya di video-video yang merekam game ada kotak kecil yang menampilkan si pemain game, nah untuk menampilkan itu pilih tab Webcam yang ada di sebelah tab Sound. Check list pada kotak Add webcam overlay to the video untuk memberi tampilan webcam, seperti umumnya YouTuber atau streamer game.

Pilih webcam yang ingin Gadgeteers gunakan pada opsi Webcam. Untuk mengatur format video rekaman webcam Gadgeteers, pilih Format.

Untuk mengubah format dan kualitas video rekaman dengan mudah, Gadgeteers bisa memilih Presets untuk mengikuti format yang disediakan oleh Bandicam.

Kalau Gadgeteers tidak puas dengan preset yang tersedia dan ingin mengatur sendiri format serta kualitas video secara kustom, Gadgeteers bisa pilih opsi Settings.

Langkah terakhir adalah proses merekam game, bukalah game yang ingin di rekam.Setelah game terbuka, Gadgeteers akan melihat hitungan frame per second (fps) berwarna hijau yang ada di pojok layar. Warna hijau menandakan kalau Bandicam belum merekam gameplay.

Untuk memulai merekam tekan  F12 pada keyboard untuk merekam game. Gadgeteers bisa mengubah hotkey tersebut pada menu utama Bandicam. Setelah kalian menekan hotkey, hitungan FPS akan berubah warna menjadi merah yang artinya sedang merekam. Untuk menghentikan rekaman, Gadgeteers bisa sekali lagi memencet tombol hotkey.

Sayangnya, Bandicam  ini hanya bisa digunakan untuk merekam saja dan tidak bisa untuk live streaming. Gadgeteers juga harus membayar lisensi premium untuk membuka semua fitur yang tersedia secara lengkap. Untuk versi gratis, Bandicam memeberikan limit waktu perekam yaitu 10 menit per satu kali sesi rekaman dan akan muncul watermark.

Topik Hot Lainnya:   Mengakses Kicauan Twitter Sebentar Lagi Tidak Perlu Login

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + 2 =