Biasanya saat kita mengirim file bai berupa dokumen, foto atau video melalui WhatsApp kita menguploadnya satu persatu. Tetapi bagaimana jika file tersebut jumlahnya banyak, biasanya kita akan memilih mengirimnya melalui email. Namun jika hal itu bisa dilakukan dengan WhatsApp pasti akan lebih mudah bukan. Pada tutorial ini akan saya bagikan bagaimana cara mengirim folder yang berisikan dokumen menggunakan WhatsApp.

Untuk mengirim file atau dokumen yang tersimpan dalam folder melalui WhatsApp kita butuh aplikasi tambahan yang mana aplikasi ini bisa menyatukan file-file tersebut dalam 1 file saja. Pada tutorial ini saya menggunakan aplikasi bernama ZArchiver.

  • Pertama Gadgeteers download aplikasi ZArchiver di Google Play Store . Setelah Gadgeteers download Gadgeteers buka aplikasinya.

  • Langkah selanjutnya Gadgeteers tinggal pilih file folder mana yang akan Gadgeteers kirim ke teman Gadgeteers melalui WhatsApp.
  • Setelah Gadgeteers klik folder yang akan di zip maka akan muncul opsi di bagian bawah ponsel. Gadgeteers pilih saja “kompres ke *.zip”.

  • Setelah folder tadi terkompres, sekarang Gadgeteers buka file manager yang ada di ponsel untuk mencari file yang di ubah ke zip tadi.
  • Setelah Gadgeteers pilih file zip tadi, akan muncul bar kecil di bagian bawah layar. Lalu Gadgeteers tinggal tap icon kirim.

  • Akan muncul beberapa aplikasi sosial media yang bisa dipilih untuk mengirim file, karena kita akan mengirim ke WhatsApp maka kita tap WhatsApp. Selanjutnya Gadgeteers akan dibawa ke daftar kontak yang ada di aplikasi tersebut. pilih nama kontak yang akan Gadgeteers kirimkan file.

  • Untuk membuka file yang telah dikirim melalui ponsel, pastikan juga teman tersebut menginstal aplikasi yang sama. namun jika membukanya melalui PC/laptop maka bisa langsung dibuka seperti file zip pada umumnya.

Sebagai Catatan, karena WhatsApp membatasi besar file yang dikirim untuk 1 kali pengiriman, maka sebaiknya folder yang yang akan dikirimkan dipecah -pecah menjadi beberapa bagian, agar bisa dikirim melalui WhatsApp. Demikian tutorial Singkat mengirim folder menggunakan WhatsApp selamat mencoba !

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri