Beranda Tips

Tutorial Singkat Cara Menampilkan IDM di YouTube

11
0

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara melakukan live streaming di YouTube. Untuk kali ini saya akan membahas tentang cara menampilkan tombol Internet Download Manager (IDM).Mungkin beberapa Gadgeteers yang menggunakan IDM pernah mengalami hal ini, tombol IDM tidak muncul saat kita memutar video.

Setelah Gadgeteers menginstal software IDM di PC maka secara otomatis browser yang Gadgeteers gunakan akan menambahkan Extension IDM. Ketika tombol IDM itu tidak muncul Langkah ini yang bisa Gadgeteers lakukan.

  • Pertama buka browser yang biasa Gadgeteers gunakan. Ditutorial kali ini saya menggunakan Chrome. Silahkan, Gadgeteers masuk ke menu Chrome yang terletak di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih More Tools dan klik Extensions.

  • Setelah itu akan terbuka jendela baru , kemudian  perhatikan IDM Integration Module yang menandakan bahwa Gadgeteers telah menginstall IDM sebelumnya. Kemudian klik Enable pada tombol tersebut atau aktifkan tombol tersebut.

  • Sekarang  IDM telah diaktifkan kembali di browser Gadgeteers. Dan secara otomatis akan muncul tombol Download this video  saat memutar video di YouTube, dan Gadgeteers bisa mendownload video seperti biasanya.

Namun bila cara diatas  tidak berhasil juga, maka Gadgeteers harus memperbarui (upgrade) IDM ke versi terbarunya dan harus menghapus IDM Integration Module yang lama. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka kembali menu Chrome. Pilih More Tools > Extensions.
  • Kemudian pilih Remove untuk menghapus IDM yang telah terintegrasi dengan browser Gadgeteers.
  • Maka IDM Integration Module akan terhapus dari browser Gadgeteers. Lalu, buka source My Computer > Local Disk (C:) > Program Files. Kemudian, cari folder Internet Download Manager yang telah Gadgeteers install ke versi terbaru. Selanjutnya, cari file dengan nama IDMGCExt.crx.
  • Drag file tersebut ke dalam halaman Extensions pada chrome seperti ini. Namun sebelumnya, Gadgeteers harus memilih Enable pada Developer Mode atau Mode Pengembang untuk memudahkan Gadgeteers menambahkan file tersebut.
  • Setelah itu akan muncul pop-up yang meminta Gadgeteers untuk menambahkan IDM ke browser. Pilih Add Extension.
  • Proses menambahkan Extensions pun selesai dan Gadgeteers dapat menikmati fitur Download this video di YouTube. Refresh halaman YouTube untuk melihat tombol IDM yang telah ditambahkan.
Topik Hot Lainnya:   3 Aplikasi Serba Guna Berukuran Kurang dari 10MB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 17 =