Berkaraoke tidak selalu harus ke tempat khusus karaoke yang biasanya tersedia di mall. Gadgeteers tetap bisa menyalurkan hobi bernyanyi hanya dengan bantuan ponsel Android dan aplikasi yang bernama WeSing. Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi WeSing dan menguploadnya ke media sosial.

Sebelum saya jelaskan cara penggunaannya, silahkan Gadgeteers instal terlebih dahullu aplikasi WeSing di Google Play Store. Setelah terinstal berikut langkah – langkah menggunakan aplikasi karaoke Wesing

Login ke aplikasi menggunakan akun email atau akun media sosial 

Langkah pertama buka aplikasi WeSing, untuk pertama kali biasanya akan muncul pop up untuk Gadgeteers memberikan izin aplikasi mengakses ponsel seperti mic, sound dan kontak. Kemudian login menggunakan akun Google, Facebook ataupun Twitter milik Gadgeteers. Gadgeteers tinggal memilih salah satu di antara ketiganya.

Mencari lagu yang ingin dinyanyikan 

Langkah selanjutnya adalah mencari lagu yang akan dinyanyikan. Caranya mudah. tap tombol ikon mic yang terletak di bagian bawah seperti yang tertera pada gambar.Lalu, ketikkan judul lagu yang ingin Gadgeteers nyanyikan di kolom search. 

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk Gadgeteers  mencari lagu berdasarkan nama artisnya melalui fitur artist atau bahkan mencari lagu terpopuler lewat chart. Selain itu, Gadgeteers dapat memilih lagu yang ingin Gadgeteers nyanyikan di fitur Local, pada  fitur ini tersedia lagu-lagu yang sebelumnya yang telah Gadgeteers download. 

Mengatur Posisi Kamera 

Selain merekam suara saat Gadgeteers bernyanyi, aplikasi WeSing juga akan merekam video saat kita sedang bernyanyi. Untuk itu Gadgeteers dapat mengatur posisi kamera  ponsel Gadgeteers. Caranya sebagai berikut, setelah menemukan lagu yang akan dinyanyikan dan meng-klik tombol ‘Sing Now’, di layar akan muncul pilihan mode bernyanyi, pengaturan kamera dan juga menu untuk memilih filter wajah.

Untuk mengatur posisi kamera, Gadgeteers dapat mengklik ikon kamera. Jika ingin menggunakan kamera depan, Gadgeteers hanya perlu mengklik ikon kamera tersebut dan secara otomatis akan berubah ke mode kamera depan. 

Menggunakan filter wajah 

Di WeSing tersedia fitur untuk memfilter wajah, untuk menambahkan filter wajah Gadgeteers cukup mengklik ikon bergambar wajah, lalu Gadgeteers pilih filter yang diinginkan. 

Memilih mode bernyanyi 

Terdapat dua pilihan mode bernyanyi di WeSing yaitu solo dan duet. Jika Gadgeteers ingin bernyanyi sendiri, Gadgeteers bisa langsung memilih mode solo. Dan jika Gadgeteers ingin berduet Gadgeteers dapat memilih mode duet. Caranya, Gadgeteers tinggal mengklik tombol duet kemudian  akan muncul daftar profil user yang dapat diajak berduet bersama. 

Selain dua mode tadi ada satu mode lagi yaitu acapella. Mode ini bisa Gadgeteers pilih untuk yang suka bernyanyi tanpa iringan musik. Sayangnya, mode acappella hanya bisa dilakukan sendiri saja. Untuk memilih mode acappella, Gadgeteers dapat kembali ke menu songbook dengan cara mengklik tombol mic di bagian bawah. 

Merekam video ketika  bernyanyi 

Langkah berikutnya adalah merekam video ketika bernyanyi, Gadgeteers bisa langsung merekam video dan menyanyikan lagu yang Gadgeteers pilih. Aplikasi akan langsung memutar instrumental musik dan menampilkan lirik dari lagu yang Akan dinyanyikan akan tampil di layar. Jika Gadgeteers ingin mengulang perekaman video, Gadgeteers dapat mengklik ikon ‘restart’.

Bila perekaman telah selesai, Gadgeteers dapat mengklik ikon ‘Finish’. Pastikan Gadgeteers bernyanyi dengan baik dan memiliki skor bernyanyi yang cukup agar Gadgeteers dapat memposting video yang Gadgeteers rekam tadi. 

Mengedit video hasil rekaman 

Salah satu keunggulan dari aplikasi WeSing ini adalah Gadgeteers dapat mengedit video hasil rekaman sebelum menguploadnya ke WeSing atau ke sosial media. Gadgeteers dapat mengubah efek suara pada musik pengiring menggunakan fitur remix misalnya dari mode karaoke atau KTV menjadi psychedelic 3D untuk menyesuaikan efek dengan genre lagu yang Gadgeteers nyanyikan.

 Memposting rekaman video karaoke

Sekarang langkah terakhir adalah membagikan rekaman video karaoke yang sudah Gadgeteers edit sebelumnya. Caranya klik tombol ‘Next’. Gadgeteers juga dapat menyimpan video ke dalam media penyimpanan lokal  dengan cara mengklik ikon panah bertuliskan ‘Save’.

Sebelum memposting, Gadgeteers juga dapat menambahkan pesan status untuk video yang akan Gadgeteers upload. Gadgeteers tinggal mengklik tombol post dan video Gadgeteers telah berhasil dibagikan. 

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri