Video rekomendasi dari YouTube yang muncul di beranda akun YouTube Gadgeteers memang sangat membantu untuk menemukan video yang sedang kita ingin tonton. Namun terkadang seringkali video-video rekomendasi yang muncul tidak sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan oleh algoritma YouTube yang memang dibuat seperti itu. dimana YouTube akan menampilkan video rekomendasi itu dari aktivitas pencarian yang kita lakukan sebelumnya, sehingga YouTube akan memberikan video serupa dengan yang pernah kita tonton sebelumnya.

Lalu bagaimana jika video -video rekomendasi tersebut yang tidak sesuai, ingin kita hapus dan tidak muncul lagi di bagian rekomendasi video. Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab munculnya video rekomendasi tersebut dari aktivitas Gadgeteers search history dan watch history. Jadi untuk menghilangkannya kedua history tersebut kita akan me-reset keduanya. Berikut langkah- langkahnya.

Langkah pertama Gadgeteers masuk ke Navigasi menu Profile yang berada di bagian pojok kanan atas.Kemudian klik opsi Your data in YouTube.

Maka akan muncul halaman baru yang berisikan informasi data video yang di upload dan yang telah di tonton. scroll kebawah hingga menemukan pilihan  YouTube Control, kemudianklik Manage your YouTube Watch History untuk menghapus watch history atau Manage your YouTube Search History untuk menghapus search history.

Gadgeteers akan kembali dibawa ke halaman Google My Activity. Pada panel kanan klik opsi Delete activity by dan akan muncul beberapa pilihan untuk menghapus history, berdasarkan topik atau produk  dan menurut tanggal. Pada tutorial ini kita pilih saja menghapus menurut tanggal. Pilih All time pada menu drop down dan klik Delete.

Dengan melakukan langkah tadi maka riwayat pencarian akan terhapus, Gadgeteers  juga bisa melakukan hal yang sama untuk menghapus watch history.

Selain dengan menghapus histori tontonan dan hasil pencarian, cara lain agar algoritma YouTube bekerja dengan baik adalah dengan memberikan feedback kepada video yang muncul pada halaman Homepage. Caranya navigasi ke salah satu video hingga muncul icon 3 titik, klik dan pilih opsi Not interested. Hal serupa juga dapat juga Gadgeteers lakukan pada Channel yang muncul pada halaman Homepage. Dengan klik tombol X yang terletak pada bagian pojok kanan.

Dengan begitu maka algoritma YouTube akan mempelajari kebiasaan pengguna ketika menggunakan YouTube, dimana pengguna akan klik video yang memang relavan, dan memberikan feedback (Not interested) pada video yang tidak relavan. Demikian Tutorial cara menghapus video rekomendasi YouTube yang tidak relevan.Selamat mencoba !

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri