Merekam audio internal di PC bukanlah hal yang sulit, tetapi bagaimana jika Gadgeteers ingin merekam audio internal menggunakan ponsel, seperti saat merekam bermain game? terutama pada ponsel Android. Sejak Android versi 7 Google tidak lagi menghadirkan  fitur merekam audio internal, alhasil untuk Gadgeteers yang ingin merekam layar ponsel saat bermain game beserta suaranya pasti tidak akan bisa lagi.

Tetapi tenang dulu saya punya solusinya buat masalah ini, berikut tutorial singkat cara merekam audio internal menggunakan ponsel Android.

Menggunakan ponsel Android Samsung atau LG

Jika Gadgeteers pengguna ponsel dari brand Samsung dan LG maka Gadgeteers bisa melakukan perekaman audio internal. Tetapi tidak cukup dengan itu saja, Gadgeteers juga harus menginstal aplikasi tambahan yaitu mobizen yang ada di Play Store. Kemudian aktifkan rekam audio dan pilih yang internal. 

Menggunakan ponsel Xiaomi 

Selain Samsung dan LG, ternyata Xiaomi juga bisa melakukan perekaman audio internal. Beda pada Xiaomi tidak butuh aplikasi tambahan. Cukup dengan aplikasi perekam bawaan, tetapi harus pastikan terlebih dahulu kalau MUI yang digunakan sudah versi 9.6 keatas. Kalau masih dibawah nya rasanya fitur ini masih belum ada.

Menggunakan Hardware dan Software PC

Cara berikutnya jika Gadgeteers tidak punya ponsel Android dari ketiga merek yang sudah disebutkan diatas, Gadgeteers butuh perangkat tambahan yaitu PC / laptop, sebuah usb sound card, splitter, kabel audio untuk menghubungkan ponsel ke PC / laptop dan Software perekaman audio seperti Adobe Audition atau Audacity. Caranya Sambungkan kabel audio dari ponsel ke PC dengan bantuan splitter, kemudian jalankan software perekaman audio di PC / laptop. Dan mulai merekam. 

Menggunakan Aplikasi YouTube Gaming 

Meskipun aplikasi ini sudah  ditarik dari Play Store tetapi aplikasi ini masih bisa Gadgeteers gunakan untuk mereka audio internal. Youtube Gaming menyediakan fitur untuk streaming dan merekam layar (hanya khusus game). Dengan menggunakan fitur merekam layar game dari Youtube Gaming secara otomatis suara pemain dan audio internalnya akan terekam. Jadi aplikasi ini sangat cocok buat yang tidak suka ribet ingin recording.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri