Untuk menjaga keamanan data di laptop atau PC terutama pada Windows 10, maka user biasanya diminta untuk menambahkan akun microsoft dan password. Terkadang  pada situasi tertentu kita lupakan password yang pernah kita buat, Microsoft akan secara otomatis mengunci akun kita jika kita salah memasukkan password lebih dari tiga kali percobaan. Namun Gadgeteers jangan panik dahulu jika akun microsoft terkunci, ada cara mudah untuk melakukan reset password di Windows 10 melalui akun Microsoft. 

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi,  Microsoft akan secara otomatis mengunci secara otomatis. Ketika dalam posisi terkunci Gadgeteers akan ada pemberitahuan di layar bahwa akun Gadgeteers dalam posisi terkunci (locked) dan akan diarahkan ke link reset password akun Microsoft. 

Pertama masuk ke halaman reset berikut ini //account.live.com/password/reset karena posisi laptop atau PC sedang dalam posisi terkunci, maka aksesm link tersebut menggunakan ponsel atau laptop yang berbeda

Kemudian Gadgeteers diharuskan untuk memasukan alamat email alternatif atau nomor ponsel yang sudah didaftarkan sebelumnya untuk menerima pesan security code.

Setelah mendapatkan  security code Gadgeteers dapat langsung memasukan password baru (pastikan lebih dari 8 karakter dan menggunakan kombinasi yang kuat). Dengan begitu maka proses recovery telah selesai dan Gadgeteers bisa kembali mencoba login ke Windows 10 dengan password yang baru.

Sebagai catatan cara ini akan berhasil jika akun yang terkunci pada komputer harus terhubung ke internet. Jika terhubung ke internet, maka Gadgeteers akan berhasil login ke dalam Windows 10.  Dan juga perlu diingat juga, dengan mengganti password akun Microsoft di Windows 10, artinya Gadgeteers juga mengganti semua password yang berhubungan dengan akun Microsoft tersebut.

Sekian tutorial singkat cara  reset password di Windows 10, karena adanya integrasi dengan akun Microsoft. Jika Gadgeteers juga sering mengintegrasikan akun Microsoft di Windows 10, pastikan juga Gadgeteers melakukan cek secara berkala mengenai pengaturan keamanan pada akun Microsoft, termasuk alamat email alternatif yang aktif dan nomor handphone guna kepentingan proses recovery. Karena tanpa keduanya maka akan sulit untuk melakukan reset password dengan bantuan akun Microsoft

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri