Biasanya Drive pada PC / laptop dibagi berdasarkan partisi dan karena adanya hardisk. Nah tahukah Gadgeteers jika sebenarnya kita bisa menambahkan virtual drive pada Windows 10 yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file. Bagaimana caranya ? berikut tutorial singkat cara membuat Virtual Drive di Windows 10.

Langkah pertama Gadgeteers buka Command Prompt, caranya ketik Command Prompt pada kolom pencarian atau tekan tombol Win+R lalu ketikkan cmd lalu klik ok

Setelah jendela Command Prompt terbuka ketikan perintah berikut dan tekan enter pada keyboard. subst H: C:\Users\iman\Desktop\ESD

Sebagai catatan, Gadgeteers dapat mengganti H: dengan letter drive yang Gadgeteers inginkan, serta C:\Users\iman\Desktop\ESD dengan path folder yang ingin jadikan virtual drive

Sekarang pembuatan virtual drive pada Windows 10 telah selesai, selanjutnya  tinggal buka File Explorer dan Gadgeteers akan menemukan drive baru.

Sayangnya Virtual Drive tidak bersifat permanen, saat PC /laptop Gadgeteers di shutdown maka otomatis virtual Drive yang telah dibuat akan hilang. Dan Gadgeteers perlu mengulang lagi proses setiap kali Windows dinyalakan.

Lalu bagaimana agar Virtual Drive tidak hilang atau menjadi permanen ? tentu saja ada cara agar Virtual Drive tidak hilang saat PC di shutdown yaitu dengan menambahkan file batch. Dimana file ini akan dieksekusi setiap kali Windows dinyalakan. cara membuatnya sebagai berikut :

Pertama buka aplikasi Notepad lalu ketikan @subst H: C:\Users\iman\Desktop\ESD. Dimana Gadgeteers dapat mengganti H: dengan letter drive yang kamu inginkan, serta C:\Users\rizky\Desktop\ESD dengan path folder yang ingin kamu jadikan virtual drive.

Save dengan nama bebas tetapi berakhiran .bat. Contoh virtualdrive.bat.

Langkah berikutnya buka Windows Run (Win + R), kemudian ketikkan shell:Startup.


Pindahkan file batch tadi ke folder tersebut.
Selesai

Itulah cara membuat Virtual Drive di Windows 10 dan trik agar Virtual Drive tidak hilang saat PC di shutdown. Selamat Mencoba !

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri