Beranda Berita

Uber Lawan Aksi Pemerintah dengan Bikin Petisi Online

3
0

Walaupun memiliki konsep ride sharing yang bisa menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta, layanan aplikasi Uber tetap dianggap ilegal. Hal itu dikarenakan para supir Uber bisa mendapatkan tambahan penghasilan tanpa membayar pajak.

Selain tidak membayar pajak, Uber juga tidak memenuhi syarat lain untuk dianggap sebagai angkutan umum, seperti memiliki badan hukum, lulus uji kir, dan administrasi lainnya. Tetapi seperti yang sudah kita ketahui, layanan ini tetap berjalan dan membuat pemerintah harus bersikap keras terhadap mereka.

13001
Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com

Untuk membuat para supir jera, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan membentuk sebuah Satuan Tugas (Satgas) yang bertujuan untuk menjaring supir Uber dan menahan mobil mereka. Hasilnya, mereka sukses menangkap 30 mobil berplat hitam yang menggunakan aplikasi Uber dan masih menarik penumpang. Tidak tinggal diam, Uber mencoba “membalas” aksi dari pemerintah itu dengan mengirimkan email berisi petisi kepada para penggunannya.

Tujuan dari email itu adalah untuk mengajak para pembaca untuk menandatangani petisi yang akan dikirimkan pada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Walikota Bandung Ridwan Kamil (karena Uber juga dilarang di Bandung).

Isi dari email itu sendiri adalah kerugian yang akan terjadi jika layanan Uber benar-benar dihentikan, seperti lebih dari 6000 pengemudi yang akan kehilangan pekerjaannya dan masyarakat yang akan kesulitan untuk mendapatkan transportasi yang aman dan nyaman. Walaupun di dalam petisi tersebut menyebutkan “kota-kota di seluruh dunia menikmati layanan Uber”, pada kenyataannya banyak negara yang juga melarang layanan ini, seperti Prancis, Thailand, dan Spanyol.

13002

Menurut pantauan GadgetGaul, petisi yang bisa ditemui di https://action.uber.org/jakarta20150911/ ini sudah ditandatangani oleh 18.413 orang dari target 25.000 orang. Gadgeteers juga bisa ikut menandatangani petisi ini jika setuju dengan konsep yang ditawarkan Uber, atau sekedar menjadi penonton dan menikmati drama dari pemerintah vs developer ini.

Topik Hot Lainnya:   Seperti ini Tampilan Aplikasi Uber Setelah Berhenti Beroperasi di Indonesia

via Tekno.kompas.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − eighteen =