Beranda Berita

Ulang Tahun Ke-6, Tokopedia Luncurkan Kampanye “Ciptakan Peluangmu”

27
0

Bersamaan dengan hari kemerdekaan ke-70 Indonesia, Tokopedia genap berusia 6 tahun. Tokopedia meyakini bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang kreatif, gigih dan memiliki jiwa bisnis yang sudah mendarah daging.

“Lihat sekeliling kita, bangsa ini adalah bangsa yang kreatif dan gigih dalam menciptakan peluangnya sendiri. Lihatlah ketika hujan deras mengguyur, selalu ada tawa riang dari para Ojek Payung. Selalu ada kegigihan dari para Pak Ogah yang membantu para kendaraan di tikungan yang terjebak kemacetan total. Ramahnya ibu-ibu rumah tangga yang menawarkan produk dagangan di media sosial. Hal-hal yang unik khas Indonesia ini menunjukkan bahwa peluang itu selalu ada, jika kita mau menciptakannya.” ujar CEO Tokopedia, William Tanuwijaya.

Mustika, ibu rumah tangga asal Semarang berusia 27 tahun, membuktikan ia bisa tetap berbisnis di sela kesibukkannya mengurus keluarga. Dengan mengembangkan bisnis batu akik dan monelnya ke ranah online, kini ia mampu meraup omzet ratusan juta per bulan.

Dina, 38 tahun, di kota Malang, memberanikan diri untuk mundur dari pekerjaan kantoran dan membangun bisnis wall sticker, dan kini pendapatannya meningkat 11 kali lipat lebih tinggi dibanding saat masih menjadi karyawan.

Di Bogor, ada Rizki, 27 tahun, yang sempat bekerja serabutan menjadi pengamen dan pemulung di masa sekolahnya. Ia mencoba mendaftar ke berbagai perusahaan, tetapi ditolak di mana-mana, sampai akhirnya mengenal kerajinan tangan dari clay dan memutuskan untuk membangun bisnis di bidang tersebut. Dirinya sempat membuat heboh media sosial dengan salah satu produknya, yaitu gantungan kunci “anti begal”.

Masih ada lebih dari 300.000 kisah lainnya dari pemilik bisnis kecil yang bergabung di Tokopedia. Mereka datang dari latar belakang yang berbeda-beda, namun mempunyai benang merah yang sama, yakni keberanian untuk bermimpi dan kegigihan untuk bekerja. Kini mereka sudah mengirimkan lebih dari 6 juta produk setiap bulannya ke seluruh Indonesia. Tokopedia menyakini bahwa para pemilik UMKM online ini akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa yang akan datang, serta menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan baru di tengah kondisi perekonomian yang sedang melemah.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mendaftar OVO Paylater Melalui Tokopedia

Berdasarkan kepercayaan tersebutlah, bersamaan dengan ulang tahun ke-6 ini Tokopedia meluncurkan kampanye “Ciptakan Peluangmu”. Tokopedia akan mengajak para merchant mereka untuk berbagi pengalaman, ilmu dan keterampilan melalui kegiatan roadshow ke berbagai kota di Indonesia, sehingga bisa lahir lebih banyak bisnis-bisnis kecil baru lainnya yang mampu membawa dampak positif bagi diri mereka sendiri serta lingkungan sekitar mereka.

“Ketika memulai Tokopedia, kami mengalami sendiri sulitnya mendapatkan kepercayaan saat memulai bisnis baru tanpa modal kredibilitas dari track record masa lalu. Kami sempat ditolak dimana-mana, namun kami yakin walau masa lalu tidak lagi bisa diubah, masa depan ada di tangan kita sendiri. Dari pengalaman inilah, kami berkomitmen untuk meruntuhkan tembok-tembok penghalang bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai bisnis dengan cara menyediakan platform marketplace yang gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja untuk menciptakan peluang mereka. Kami akan tumbuh bersama mimpi-mimpi besar dari para UMKM Indonesia karena di Tokopedia, kami selalu percaya bahwa kesuksesan hanya bisa didapatkan dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Bagi kami, inilah model bisnis paling indah di dunia,” tutup William Tanuwijaya.