Beranda Berita

Update iOS 11.4.1 Bakal Bikin Kepolisian Makin Pusing?

6
0

iOS 11 kembali mendapatkan pembaruan yang kali ini berfokus pada faktor keamanannya. Dilansir oleh TheVerge, iOS 11.4.1 menghadirkan fitur USB Restricted Mode yang berfungsi untuk melindungi pengguna iPhone dari USB yang dipakai polisi untuk menembus passcode pada iPhone dan menghindari perlindungan enkripsi standar.

Fitur keamanan baru ini ditempatkan di menu Setelan tepat di bawah menu Face ID atau Touch ID dan Passcode. Menu dengan label USB Accessories secara default dalam kondisi non-aktif, sehingga perlu diaktifkan secara manual oleh pemilik perangkat. Jika dalam kondisi mati, apabila perangkat iOS di versi ini dikunci selama lebih dari satu jam, sistem secara otomatis tidak akan memberikan izin koneksi USB ke perangkat lain. Agar dapat kembali terhubung ke USB, pengguna wajib untuk mengaktifkan opsi USB Accessories.

USB Restricted Mode

Keputusan Apple meluncurkan fitur baru ini tak lepas dari kontroversi. Pasalnya, di satu sisi fitur USB Restricted Mode ini sangat membantu pengguna menghindari ancaman pihak ketiga. Tetapi di sisi lain justru menyulitkan pihak kepolisian untuk memperoleh bukti dari informasi yang tersimpan di dalam perangkat.

“Kami terus menerus memperkuat perlindungan keamanan di setiap produk Apple untuk membantu pelanggan melindungi diri dari hacker, pencuri identitas dan ancaman ke data pribadi mereka,” kata Apple dalam rilis resminya. “Pembaruan ini tidak dirancang untuk membuat kepolisian frustasi.” Imbuhnya.

Hubungan Apple dan kepolisian memang tak bisa dibilang romantis. Pada tahun 2016 lalu, mereka sempat terlibat perseteruan dengan FBI karena menolak untuk membuka kunci iPhone yang menjadi barang bukti kasus penembakan.

Kala itu Apple tak bersedia untuk membuat piranti lunak khusus yang memungkinkan FBI membobol fitur keamanan di iPhone yang memang dirancang terenkripsi sejak pertama kali digunakan.

Topik Hot Lainnya:   Daddy Was A Thief: Serunya Menjadi Perampok Bank

via Theverge.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − 3 =