Beranda Berita

Update Telegram 4.8 di Android Hadirkan Fitur Streaming & Auto-Night Mode

26
0

Memasuki bulan Februari 2018, Telegram merilis pembaruan untuk aplikasi berkirim pesan mereka di smartphone Android. Pada versi 4.8 ini, Telegram memberikan dua fitur baru untuk memudahkan Gadgeteers menonton video yang dikirim dari pengguna lain secara cepat.

Fitur tersebut adalah video streaming dan auto-night mode. Dengan video streaming, kapanpun Gadgeteers mendapatkan kiriman video baru, Gadgeteers bisa langsung menonton video tersebut layaknya streaming konten video di YouTube, alias tidak perlu mengunduhnya secara penuh terlebih dahulu. Dengan kata lain, mempersingkat banyak waktu.

telegram48_1
Garis abu-abu di bawah layar menunjukkan proses unduh video, layaknya aplikasi YouTube.

Video baru yang dikirim tidak harus dari Telegram versi terbaru, hanya saja fitur streaming baru bisa dinikmati setelah Gadgeteers memperbarui aplikasi ini ke versi 4.8. Selain itu, terdapat juga fitur baru yang dinamakan auto-night mode. Dengan fitur tersebut, tema aplikasi Telegram dapat berubah secara otomatis dari terang ke gelap. Ada dua opsi yang bisa Gadgeteers pilih: ganti otomatis berdasarkan waktu yang sudah diatur, atau berdasarkan tingkat pencahayaan yang didapat dari ambient light sensor pada smartphone. Tentunya, jika smartphone milik Gadgeteers dilengkapi dengan sensor tersebut ya. Dengan begitu, Telegram dapat otomatis menggunakan tema gelap saat smartphone sedang digunakan di ruangan minim cahaya, dan sebaliknya.

telegram48_3
Semua fitur ini juga akan hadir pada pembaruan Telegram selanjutnya untuk iOS. Akhir bulan lalu, Telegram juga merilis “Telegram X” untuk Android dan iOS. Aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store tersebut merupakan versi eksperimental dari Telegram, dimana developer aplikasi membuatnya dari awal, dan akan menghadirkan fitur-fitur yang lebih baru untuk diuji coba ke penggunanya.

Topik Hot Lainnya:   Bawa Baterai Lebih Bertenaga, Samsung Galaxy A9 Pro Resmi Diumumkan

telegram48_2
Telegram X untuk Android dan iOS diklaim menghadirkan efek animasi yang lebih smooth dari versi biasa, serta lebih hemat daya baterai. Meski tidak akan menggantikan versi biasa, Telegram tetap berencana memperbarui Telegram X karena dirasa dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi serta adaptasinya dengan teknologi terbaru.

Via telegram.org
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 2 =