Beranda Tips

Wajib Tahu, ini 5 Fungsi Lain Tombol Power di Ponsel Android!

24
0

Gadgeteers pastinya sudah tidak asing lagi dengan tombol power. Tombol yang tidak pernah absen dari smartphone ini bisa dipastikan lagi merupakan komponen utama yang cukup penting. Letak penempatan tombol power ini sendiri bermacam-macam. Ada yang disatukan dengan tombol yang lainnya, ada pula yang sengaja dipisahkan.

Tombol power sendiri identik dengan tombol untuk menghidupkan dan mematikan smartphone. Nah, selain itu apa sih kegunaan tombol power itu?

1. Menyalakan Layar

Screenkinja-img.com

Sebelum ada fitur tap to wake. Tombol power menjadi komponen terpenting untuk menyalakan pada smartphone. Tanpa tombol tersebut, Gadgeteers tidak dapat menghidupkan layar, sekali pun menekan tombol volume. Namun untuk beberapa smartphone, untuk menghidupkan layar sendiri dapat dibantu dengan menekan tombol home.

2. Mengunci dan Membuka Layar

Lock screenfonfit.de

Dalam menu setelan, Gadgeteers dapat mengatur bagaimana ponsel dapat terkunci. Secara otomatis biasanya layar ponsel akan terkunci bila tidak digunakan selama beberapa saat. Namun Gadgeteers pun dapat mengaturnya agar ketika menekan tombol power, perangkat tersebut akan langsung terkunci.

Tentunya, selain mengunci layar, fungsi lain dari tombol power sendiri yakni untuk membukanya. Dengan menekan tombol power saat ponsel sedang dalam keadaan terkunci dan layar mati dapat membuat ponsel tersebut terbuka, ataupun membuat ponsel tersebut meminta sandi dari gadgeteers.

3. Menangkap Layar/Screenshot

phone-shotbrandsynario.com

Sekarang ini segalanya dapat ditangkap, termasuk tampilan layar pada ponsel. Untuk menangkap layar atau yang lebih dikenal dengan screenshot biasanya memadukan kombinasi antara tombol power dan tombol lain. Dalam smartphone yang tidak dilengkapi oleh tombol home, biasanya kombinasi tombol yang digunakan untuk menangkap layar yakni tombol power dan tombol volume. Sementara untuk smartphone yang dilengkapi oleh tombol home menggunakan kombinasi tombol power dan tombol home.

4. Masuk ke dalam Recovery Menu

Topik Hot Lainnya:   Ini Dia Smartphone Lenovo "Pembunuh" Galaxy Note 5

recovery modetwimg.com

Dalam menu recovery, gadgeteers dapat melakukan hal yang tidak bisa dilakukan ketika ponsel berfungsi dalam keadan normal. Hal-hal tersebut yakni seperti menghapus semua data, membersihkan cache, dan dapat juga menjalankan update melalui Android Debug Mode. Tentunya, untuk masuk ke dalam mode ini, ponsel pun membutuhkan tombol home. Dengan menekan tombol kombinasi seperti tombol power dan volume atas, atau pun tombol power + volume atas + tombol home.

5. Safe Mode

android-safe-modenetdna-ssl.com

Selain masuk ke dalam recovery mode, dengan batuan tombol home ini pun pengguna dapat masuk ke Safe Mode. Dalam mode ini, perangkat Gadgeteers bekerja lebih ringan dan biasanya dapat digunakan untuk menghapus virus yang bersarang dalam smartphone. Dalam kebanyakan ponsel Android. Cara untuk masuk ke dalam mode ini yaitu dengan menekan tombol power saat ponsel dalam keadaan mati dan menekan tombol volume atas-bawah secara bergantian.

via JalanTikus.com
featured image via
mobilephones.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 8 =