Beranda Tips

Waspada Keylogger Tersembunyi di Android, Begini Cara Mengatasinya!

449
0

Internet adalah dunia baru di luar sana yang dapat diakses oleh siapapun, tidak ada pembeda antara orang baik dan jahat. Oleh karena itu Gadgeteers harus tetap berhati-hati dan waspada, nah! Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah Keylogger.

Sebenarnya apa sih Keylogger itu? Pada dasarnya Keylogger sendiri ialah program yang digunakan untuk memonitor entry data melalui keyboard. Jadi secara hematnya, program ini dapat merekam ketikan pada keyboard perangkat. Lantas apa yang menjadikannya berbahaya dan patut diwaspadai? Sialnya, bila Keylogger itu disimpan oleh orang lain (bukan pengguna ponsel tersebut) maka besar kemungkinan data yang diketik menggunakan keyboard perangkat itu akan dapat dibaca oleh orang lain. Tentunya hal ini berbahaya karena password pun bisa dicuri oleh orang lain, tidak hanya password, bahkan PIN ATM, dan data privasi lainnya dapat dicuri dengan mudah.

Bila Gadgeteers merupakan salah satu orang yang lebih sering melakukan aktivitas yang bersifat privasi menggunakan ponsel, sebaiknya berhati-hati terhadap Keylogger ini, kendati kita sudah merasa aman, bisa saja program Keylogger ini terinstall secara tidak sengaja melalui malware. Oleh karena itu kali ini @GadgetGaul bakal membahas bagaimana caranya mengetahui adanya Keylogger pada perangkat kita atau tidak sekaligus cara menghapusnya:

1. Cari Sumbernya

top-3-keylogger-apps-android

Ketika Gadgeteers merasakan atau mulai mengetahui bahwa terdapat Keylogger pada perangkat Android yang sedang digukanan, ada kalanya ketahui dahulu sumber dari mana Keylogger tersebut bisa masuk. Apakah dari seorang teman yang tidak bertanggung jawab? Dari orang lain yang tidak sengaja Gadgeteers pinjamkan ponselnya? Atau memang dari malware yang muncul saat berselancar di internet? Bila sudah mengetahui sumbernya, akan lebih mudah untuk menghapusnya dan menghilangkannya.

Topik Hot Lainnya:   5 Aplikasi Foto Editor Terbaik untuk Android yang Dilepas Gratis

2. Cek Kinerja Android

Print

Keylogger tidak membuat perangkat Android stabil bekerja seperti biasanya. Kadang perangkat tersebut akan mengalami hang atau lag yang tidak jelas bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Walaupun sebenarnya hal itu dapat terjadi walaupun tidak ada Keylogger yang terpasang, tetapi biasanya terdapat ciri lain yang muncul seperti sering restart sendiri atau tiba-tiba muncul angka-angka aneh di layar. Bila itu terjadi, tandanya ada Keylogger di Android Gadgeteers.

Berikut Ini Bagaimana Cara Menghapusnya:

3. Gunakan Cara Manual 

best-android-keylogger

Bila sudah mengetahui bahwa di dalam perangkat Android Gadgeteers terdapat Keylogger, dapat menghapusnya dengan manual yakni tinggal masuk saja dari folder ke folder. Lihat apakah ada file yang mencurigakan seperti contoh di atas. Biasanya program Keylogger sendiri berbentuk file aplikasi yang tidak biasa, jadi biasakan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang terdapat pada perangkat Android Gadgeteers.

4. Gunakan Anti Virus

antivirus

Tidak ingin susah? Gunakan saja anti-virus atau anti-malware yang tersedia di Google Play Store karena bila Keylogger tersebut terpasang secara tidak sengaja karena disebabkan oleh virus atau malware yang masuk, maka besar kemungkinan akan terdeteksi oleh aplikasi pengaman perangkat seperti anti-virus dan malware itu. Lalu sebaiknya Gadgeteers gunakan anti-virus maupun anti-malware yang sudah recommended agar lebih mantap menghilangkan Keylogger nya sendiri.

featured image via key-logger-free.com

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − seven =