Beranda Berita

WhatsApp Akan Menghapus Riwayat Chat Penggunanya yang Belum Mencadangkan ke Google Drive

131
0

Pada bulan Agustus lalu dua perusahaan internet raksasa Facebook dan Google menghasilkan sebuah kesepakatan kerjasama. Facebook sepakat untuk semua riwayat chat pengguna aplikasi WhatsApp dicadangkan ke dalam penyimpanan Google drive. Dan beberapa waktu yang lalu WhatsApp telah mengonfirmasi akan menghapus riwayat chat penggunanya yang belum melakukan cadangan ke dalam akun Google Drive.

Untuk pengguna yang melakukan cadangan chat dan media selain Google Drive maka WhatsApp akan memberikan peringatan bahwa cadangan apa pun yang belum diperbarui dalam waktu satu tahun juga akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive.

Meskipun terlihat pengalihan cadangan chat dan media ini ke dalam Google Drive memaksa, tetapi dengan cadangan ke Google Drive maka memungkinkan pengguna untuk secara otomatis melakukan pemulihan riwayat chat dan media ketika ponsel mereka mengalami penggantian ke perangkat android yang baru. Selain itu Pengguna Android juga dapat memperbarui salinan cadangan Google Drive mereka dan mengonfigurasi frekuensi pencadangan otomatis ini selama mereka telah memilih akun pribadi untuk cadangan Google Drive.

Google Drive menawarkan penyimpanan gratis total sekitar 15GB, yang juga termasuk data Gmail dan aplikasi Google lainnya. Kemampuan untuk mem-backup pesan merupakan keuntungan bagi pengguna terutama ketika mereka ingin berganti perangkat atau kehilangan smartphone dan harus mulai menggunakan perangkat baru.

Namun perlu diketahui bahwa chat dan media pada WhatsApp yang dicadangkan ke penyimpanan Google Drive di akan dilakukan enskripsi, disebabkan fungsi enskripsi pada WhatsApp hanya berlaku pada platfrom WhatsApp itu sendiri.

Tetapi pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir karena Google Drive memastikan bahwa riwayat chat dan media yang dicadangkan akan aman. Bahkan ketika smartphone pengguna mengalami kehilangan, data yang dicadangkan tidak akan hilang dan dapat dipulihkan kembali pada perangkat ponsel yang baru.

Topik Hot Lainnya:   5 Game Manager Sepak Bola Android yang Ubah Kamu Jadi Pelatih Secara Instan

via BGR.in
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 2 =