WhatsApp sepertinya sudah mematangkan keputusannya untuk meninggalkan sistem operasi BlackBerry dan beberapa OS jadul lainnya. Keputusan tersebut tentunya menjadi sebuah berita yang tidak enak didengar oleh Gadgeteers sebagai pengguna OS BlackBerry maupun OS jadul lainnya seperti Symbian, Android 2.2 dan Windows Phone 7.1 ke bawah.

bye-bye-whatsapp600theapplelounge.com

Itu artinya, nantinya Gadgeteers yang masih menggunakan sistem operasi BlackBerry dan beberapa OS jadul lainnya tidak akan dapat menggunakan WhatsApp lagi sampai akhir tahun 2016. Di lain sisi, sepertinya keputusan WhatsApp dalam meninggalkan OS BlackBerry juga akan cukup berpengaruh untuk perusahaan BlackBerry-nya sendiri, pasalnya pada tahun 2013 lalu BlackBerry baru saja memperkenalkan sebuah sistem operasi terbaru yaitu BlackBerry 10. Namun sayangnya, sistem operasi tersebut malah ditinggalkan oleh salah satu aplikasi messenger paling banyak digunakan di dunia.

WhatsApp mengatakan bahwa mereka harus meninggalkan beberapa sistem operasi tersebut dikarenakan sistem operasi tersebut sudah tidak akan capable lagi dengan apa yang akan WhatsApp berikan di masa depan. Dengan begitu sepertinya WhatsApp akan menghadirkan beberapa fitur menarik dan terbaru yang tidak terdapat sebelumnya karena ketidakmampuan sistem operasi jadul tadi.

Walaupun harus meninggalkan beberapa OS sekaligus, perusahaan ini tidak khawatir. Mereka mengatakan bahwa ada sekitar 1 Milliar orang di dunia yang aktif menggunakan WhatsApp. Hal tersebut bila dianalogikan maka bisa dikatakan seperti ini: Satu dari tujuh orang di dunia adalah pengguna aktif WhatsApp.

Beberapa ponsel yang terkena dampak dari keputusan peninggalan WhatsApp ini adalah ponsel-ponsel seperti Nokia S40 dan S60. Yang diketahui, ponsel tersebut masih digunakan di beberapa negara berkembang di dunia, salah satunya adalah Indonesia. WhatsApp mengatakan, bila Gadgeteers masih ingin menggunakan aplikasi ini, terpaksa harus mengganti perangkat ke yang lebih baru.

via IndiaTimes.com

featured image via media-affin.de

diedit oleh WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

An overseas travel writer. A Indonesian living in Germany. Business inquiries : zakyriie@gmail.com