Beranda Aplikasi

WISE : Aplikasi Literasi Keuangan Perempuan

8
0

Commonwealth Bank Indonesia, anak perusahaan dari Commonwealth Bank Australia (CBA) Group, hari ini mengumumkan peluncuran Aplikasi Seluler WISE (Women Investment Series) untuk membantu perempuan mengelola keuangan pribadi serta menjadi sarana berbagi dan berdiskusi, tidak hanya untuk masalah pengelolaan keuangan, melainkan juga topik-topik diskusi lain seperti fashion, kecantikan, dan gaya hidup.

Aplikasi seluler WISE menjadi sarana yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia. Melalui fitur Forum para pengguna dapat mengakses 7 forum diskusi sesuai topik, yaitu fashion dan kecantikan, kehidupan sehari-hari, finansial, rekreasi, kontes, dan forum umum. Materi konten akan membantu dan mendorong pengguna untuk melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik dengan menyediakan tips yang mudah dipahami, karena perempuan masa kini ingin lebih berperan dalam merencanakan dan mengatur keuangan pribadi, sekaligus dapat bertukar wawasan dan diskusi antar satu sama lain, sekaligus berbagi cerita tentang tren terbaru.

WISE-Android-UI
Pentingnya literasi keuangan bagi perempuan karena mereka memegang peranan besar dalam pengambilan keputusan di keuangan bisnis dan keluarga. Mereka bertanggung jawab atas 51% perencanaan keuangan keluarga dan 33% usaha kecil di Indonesia. Tidak hanya itu, 57% pengguna produk dan layanan keuangan adalah perempuan. Sayangnya, survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, hanya ada 18,84% perempuan Indonesia dengan tingkat literasi keuangan yang memadai.

Gerakan WISE pertama kali diluncurkan pada 2014, yaitu gerakan literasi keuangan yang ditujukan khusus untuk perempuan. Melalui komunitas WISE, para perempuan Indonesia dapat saling bertukar pendapat dan pengetahuan di berbagai hal termasuk bisnis, keuangan, keluarga, dan masalah pribadi. Sampai saat ini, gerakan WISE telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk memfasilitasi kebutuhan perempuan Indonesia, terutama yang dapat membantu mereka mengelola keuangan pribadi dan memberikan akses luas ke informasi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Topik Hot Lainnya:   5 Aplikasi Android Pendukung Liburan Natal dan Tahun Baru

Melalui dukungannya terhadap gerakan WISE dan aplikasi seluler WISE, Commonwealth Bank Indonesia menyediakan ruang informasi terpercaya mengenai pengelolaan keuangan yang terintegrasi dan mudah diakses oleh para penggunanya. WISE menggabungkan berbagai aspek termasuk pendidikan, pembangunan komunitas wawasan dari para ahli maupun dukungan dari pengguna-pengguna lainnya.

Aplikasi WISE tersedia dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play dan AppStore.

Launching-WISE-GG
“Kita semua tentu memahami pentingnya literasi keuangan sebagai kunci untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk gerakan WISE sebagai bagian dari komitmen kami untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan finansial komunitas dimana pun kami berada.” Kata Tony Costa, Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia, “Bersama-sama, dengan dukungan serta partisipasi dari OJK, Dewan Penasihat WISE, dan komunitas, kami percaya ke depannya inisiatif WISE dapat melebarkan sayapnya dan memperkuat perempuan Indonesia.”

Simon Bennett, Presiden Direktur Commonwealth Life menambahkan, “Sebagai bagian dari Grup CBA, kami telah berkomitmen untuk mendukung gerakan WISE serta inisiatif-inisiatifnya dan memastikan bahwa setiap perempuan di Indonesia memiliki akses layanan dan produk keuangan.”

“Kami senang dan bangga dapat memberikan dukungan untuk gerakan WISE, melalui inovasi-inovasi seperti aplikasi seluler WISE, kami yakin gerakan ini dapat menjangkau dan mengedukasi lebih banyak perempuan Indonesia.” kata Hario Soeprobo, Presiden Direktur First State Investments Indonesia.

Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen sekaligus Anggota Dewan Penasihat WISE berkomentar, “WISE hadir untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia saat ini. Pemberdayaan perempuan Indonesia dalam pengelolaan ekonomi di lintas sektor penting untuk mewujudkan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan. Hal ini juga penting untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, pria, keluarga dan komunitas.” Kusumaningtuti menambahkan, “Gerakan WISE merupakan fondasi awal yang baik. Dengan adanya aplikasi seluler WISE, kita berharap dapat senantiasa meningkatkan komitmen kita dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.”

Topik Hot Lainnya:   Facebook Luncurkan Aplikasi Notifikasi Berita Terhangat Bernama Notify

 

Pentingnya Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Keuangan Perempuan

Lebih dari 40% dari total tenaga kerja di dunia adalah perempuan. Di banyak negara, sektor-sektor yang berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi banyak tergantung pada tenaga kerja perempuan. Menurut data Bank Dunia, perempuan menguasai 30-37% dari total kepemilikan usaha kecil menengah (8-10 juta perusahaan dimiliki oleh perempuan) di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Akses kredit dapat membuka kesempatan ekonomi bagi perempuan, sementara akses ke penyimpanan uang di bank menawarkan pelayanan keuangan lainnya. Namun edukasi keuangan yang baik bagi perempuan sangatlah diperlukan mengingat kurangnya pengetahuan mereka di bidang ini yang berdampak pada keterbatasan perempuan diperoleh manfaat yang maksimal dari produk dan layanan keuangan yang disediakan.

Namun di Indonesia sendiri, survei OJK menunjukkan bahwa perempuan Indonesia memiliki tingkat literasi keuangan yang relatif rendah, yaitu sekitar 19% dibandingkan lelaki yang berada di angka 25%.