Beranda Analisa

Perbandingan Dua Smartphone Rp1 Juta-an, Xiaomi Redmi 2 vs Andromax R

13
0

Konektivitas menjadi salah satu alasan mengapa kita berganti jenis ponsel. Dengan hadirnya sinyal 4G LTE di Indonesia, sekarang orang akan berpikir dua kali untuk membeli handphone baru dengan fitur sinyal di bawah 4G. Nah, salah satu ponsel yang mungkin menjadi alternatif karena sudah memiliki fitur 4G dengan harga terjangkau adalah Smartfren Andromax R dan Xiaomi Redmi 2.

Kedua ponsel tersebut bisa dibilang mempunyai pamor yang hampir sama di Indonesia. Keduanya memiliki spesifikasi dan kelebihan masing-masing, di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 2 VS Andromax R :

Tampilan

Xiaomi
mi.com

Dari segi tampilan mungkin Andromax R memiliki keunggulan tersendiri, karena dilengkapi oleh layar sebesar 5 inci. Hal tersebut berbeda dengan Xiaomi Redmi 2 yang lebih kecil 0,3 inci saja yaitu 4,7 inci. Yang membedakan adalah kalau Andromax R hanya memiliki kerapatan 294 ppi pixel. Xiaomi Redmi 2 memiliki  kerapatan piksel 312 ppi. Tentunya hal tersebut memberikan kekuatan tersendiri untuk kedua ponsel itu.

Selain dari segi layar dan pixel, Andromax R dilengkapi oleh balutan warna hitam yang mempesona dari depan sampai belakang, berbeda dengan Xiaomi Redmi 2 yang memiliki balutan warna putih di belakangnya.

Spesifikasi

Yang paling krusial adalah di sisi spesifikasi. Andromax R dan Xiaomi Redmi 2 memiliki dua sistem operasi yang sedikit berbeda, walaupun keduanya menggunakan sistem Android, tapi Andromax R menang dalam segi sistem operasi. Bila Xiaomi Redmi 2 masih menggunakan sistem operasi Android KitKat, Andromax R sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, jelas hal tersebut menjadi nilai lebih bagi Andromax R.

Keduanya didukung oleh chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core yang berlari di kecepatan 1.2 GHz. Serta keduanya juga bekerja pada RAM berkekuatan 1GB, namun untuk Xiaomi Redmi 2 ia memiliki varian lain dengan RAM berkekuatan 2 GB.

Topik Hot Lainnya:   5 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Smartphone Android

Xiaomi Redmi 2 memiliki varian penyimpanan internal 8GB dan 16GB, dan itu pun bisa diperluas lagi sampai 32GB. Untuk Andromax R, perangkat tersebut hanya dilengkapi oleh penyimpanan internal 8GB walau bisa Gadgeteers perluas lagi dengan kartu microSD sampai 32GB.

Kamera

Andromax
smartfren.com

Untuk kamera, kedua perangkat ini dilengkapi kamera berkekuatan 8MP di bagian belakang. Nah, Andromax R kembali unggul di bagian ini karena ia memiliki kamera berkekuatan 5 MP di bagian depan dengan dukungan LED flash, hal tersebut berbeda dengan Xiaomi Redmi 2 yang hanya menggunakan kamera berkekuatan 2 MP di bagian depannya.

Baterai

Kedua perangkat tersebut walau menggunakan jenis baterai yang berbeda, tapi keduanya sama-sama menggunakan baterai berkekuatan 2200mAH. Untuk Andromax R, ia menggunakan baterai jenis Li-Ion sedangkan untuk Xiaomi Redmi 2, ia menggunakan baterai jenis Li-Po.

Harga

Bila Gadgeteers mengunjungi website resmi Andromax R harga resmi yang terpampang di sana yaitu Rp1.599.000 begitu pula dengan Xiaomi Redmi 2

Popularitas

Di Indonesia sendiri, kedua ponsel itu memang sudah tidak asing lagi. Namun satu hal yang pasti yaitu Andromax R merupakan ponsel keluaran Smartfren yang di mana perusahaan tersebut merupakan perusahaan asli dalam negeri Indonesia. Berbeda dengan Xiaomi yang merupakan perusahaan luar negeri. Bila dilihat sekarang, masih banyak orang Indonesia yang meragukan kualitas dari produk dalam negeri, jadi mungkin untuk hal popularitas, Xiaomi Redmi 2 bisa dikatakan sedikit lebih unggul.

via smeaker.com
featured image via oketekno.com
diedit oleh Winarso