Beranda Berita

XL Perbesar Alokasi Spektrum 4G LTE di Sejumlah Kota Besar

6
0

Persaingan layanan 4G LTE di Indonesia masih dibilang sedang hangat-hangatnya. Di tengah persaingan tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) tidak mau kalah dan berupaya terus untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satu caranya adalah dengan memperbesar alokasi penggunaan frekuensi yang semula 10MHz menjadi 15Mhz. Proses ini sudah berjalan dari tanggal 1 April 2016 lalu.

18285944g-lte-xl-axiata780x390

kompas.com

Dengan tambahan lebar pita 4G LTE, kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE XL pun akan meningkat. Tentunya hal tersebut memberikan dampak positif bagi pelanggan. Dengan tambahan alokasi spektrum 4G LTE tersebut, XL berharap kecepatan maksimum BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps.

Yessie D. Yosetya, selaku direktur/Chief Services Management XL mengatakan bahwa mereka ingin memanfaatkan spektrum 1800 MHz secara lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu yang mereka lakukan adalah refarming frekuensi 1800 MHz dari 2G ke LTE, yang sebelumnya menggunakan lebar pita 10 MHz menjadi 15 MHz untuk 4G LTE di BTS 4G Makro.

Tahap peningkatan ini dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Denpasar. Yessie mengatakan bahwa kota-kota tersebut merupakan kota yang membutuhkan peningkatan kualitas dengan segera. Walaupun begitu, XL pun sepertinya sudah menyusun rencana pengembangan dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan pelanggan di kota-kota lainnya.

Menurut Yessie, langkah refarming ini juga memungkinkan untuk dilakukan karena kondisi penetrasi penggunaan smartphone 4G yang tinggi, hal tersebut sekaligus mengurangi tingkat penggunaan spektrum 1800 MHz untuk GSM. Jika dilakukan refarming 15 MHz untuk layanan LTE, hal tersebut akan memungkinkan dengan tanpa mengurangi kualitas layanan untuk GSM.

Layanan internet cepat 4G LTE dari XL sendiri sebenarnya sudah melayani pelanggan di 58 kota yang ada di Indonesia. Layanan tersebut didukung oleh lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL dikabarkan telah menargetkan setidaknya 85 kota atau area yang akan terlayani layanan 4G LTE.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Ayo Pungut Sampah Bersama SahabatMimi

via metrotvnews.com
featured image via viva.co.id
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − two =