Beranda Aplikasi

Youtube Gaming Resmi Diluncurkan, Jawaban Google untuk Twitch

7
0

Mungkin sebagian besar dari Gadgeteers sudah mengetahui situs Twitch.tv, sebuah situs yang menyediakan layanan streaming video yang banyak digunakan oleh para gamer untuk langsung berinteraksi dengan penggemar mereka selagi bermain.

Memang sudah banyak situs yang menyediakan layanan streaming langsung, tetapi twtich.tv adalah yang paling populer, setidaknya sampai saat ini.

Kemarin, Rabu (26/8/2015) Google resmi meluncurkan sebuah layanan yang merupakan kepanjangan tangan dari Youtube untuk menyaingi dominasi Twitch, yaitu Youtube Gaming. Dengan reputasi Youtube sebagai website video yang paling populer, sepertinya Youtube akan dengan mudah menarik para penggemar untuk mencoba layanan terbarunya ini.

27001

Layanan ini kini tersedia di situs utamanya, gaming.youtube.com atau men-download app nya langsung di Play Store atau App Store untuk langsung merasakan tampilan Youtube Gaming, melihat siapa saja yang sedang bermain, atau memulai sendiri stream yang baru.

Tidak hanya menampilkan streaming yang sedang berjalan, Youtube juga menyertakan koleksi game yang sudah pernah dimainkan sebelumnya, yang biasa kita temui di sana untuk menonton Youtuber populer seperti Pewdiepie atau Markiplier.

Kalau Gadgeteers hanya senang dengan beberapa game tertentu, Gadgeteers bisa dengan mudah mencari game yang dimaksud karena Youtube Gaming mengkategorikan tiap-tiap game secara otomatis berdasarkan judul game dan isi game itu (walkthorugh atau let’s play). Di situs ini, Gadgeteers tidak akan menemukan video musik atau video lainnya selain game, jadi kalau Gadgeteers menulis kata “call” di kolom search, maka Youtube Gaming akan langsung merekomendasikan video “Call of Duty”, bukan “Call Me Maybe” seperti di Youtube biasa.

27002

Ketika kita sedang menonton sebuah streaming, kita bisa berinteraksi langsung dengan penonton lainnya melalui kolom komentar yang ada di samping, memberi sang pemain jempol ke atas atau jempol ke bawah, dan subscribe untuk mendapat informasi tentang kegiatan si pemain (sama seperti Youtube yang biasa).

Topik Hot Lainnya:   SnapSeed : Aplikasi Pengedit Foto Canggih Untuk Para Food Porn-er

Kehadiran Youtube Gaming akan memberikan kompetisi yang lebih besar kepada Twitch.tv dibanding sebelumnya. Hampir semua streamer di Twitch juga sudah menggunakan Youtube untuk kebutuhan arsip dan penghasilan tambahan. Tetapi dengan kehadiran Youtube Gaming yang juga memberikan layanan andalan Twitch, bukan tidak mungkin para streamer akan beralih sepenuhnya ke situs yang dimiliki Google ini.

Hanya saja, layanan utamanya YouTube Gaming baru mencakup kawasan Amerika Serikat dan Inggris. Negara lain dipastikan segera mendapat jatah.

https://www.youtube.com/watch?v=GrJczjVT0Xk

via Theverge.com dan Engadget.com
diedit oleh WN