Beranda Analisa

Zenfone 2 Laser, Sanggupkah Merebut Hati Konsumen Indonesia?

1
0

Di dalam acara Zenfestival 2015 yang diadakan di Jakarta minggu lalu, ASUS mencoba menggoda berbagai segmen pengguna smartphone di Indonesia dengan meluncurkan 5 seri Zenfone sekaligus, yakni Zenfone Go, Selfie, Laser, Max, dan Deluxe Special Edition. Salah satu di antara seri-seri tersebut, terdapat sebuah seri yang bisa dibilang memiliki beberapa fitur yang biasanya cuma kita temukan pada smartphone kelas menengah ke atas, yaitu seri Laser.

Di atas kertas, Zenfone 2 Laser memang berpotensi menjadi seri yang akan menjadi primadona para konsumen Indonesia di tahun 2016 karena memiliki 3 pilihan ukuran dengan 3 pilihan harga yang berbeda : ZE500KL dengan ukuran 5 inci yang dibanderol Rp2.099.000, ZE550KL dengan ukuran 5,5 inci yang dibanderol Rp2.399.000, dan ZE601KL yang bisa didapatkan dengan merogoh Rp3.499.000. Untuk urusan jaringan seluler, Zenfone 2 Laser sudah mengikuti “standar kekinian” yang sudah wajib di Indonesia, yakni mendukung dual micro SIM 4G LTE cat 4 pada frekuensi 900MHz dan 1.800MHz.

Zenfone-Laser-Presentation
Mengusung nama “Laser”, sepertinya ASUS memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi atas kualitas kecepatan autofocus yang dimilikinya. ASUS mengklaim kalau Zenfone 2 Laser, tipe apapun, bisa mendapatkan fokus pada suatu objek hanya dalam waktu 0,03 detik. Sebagai perbandingan, 1 kedipan mata manusia membutuhkan waktu sekitar 0,3 detik. Selain cepat dalam menentukan titik fokus, teknologi ini juga lebih unggul secara presisi ketika kita sedang mengambil foto pada malam hari. Tetapi yang perlu menjadi catatan bagi Gadgeteers, teknologi ini tidak secara langsung memberikan banyak perbedaan pada kualitas akhir foto yang ditangkap. Semua masih tergantung pada kualitas sensor kamera itu sendiri.

ASUS juga tidak memberikan kompromi pada resolusi kamera di ketiga kamera Zenfone Laser karena semuanya memiliki resolusi 13MP dengan bukaan diafragma f/2.0 dan 5 elemen Largan Lens. Kamera-kamera pada Zenfone 2 Laser juga ditemani dengan dual tone flash untuk pencahayaan yang lebih alami dan fitur PixelMaster yang dapat menangkap gambar 4 kali lebih terang dalam kondisi pencahayaan minimal.

Topik Hot Lainnya:   2 Cara Mudah Membuat Screenshot di Asus ZenFone 2

221001
Saat ini teknologi laser autofocus sendiri memang sudah menjadi hal yang lumrah pada smartphone dengan harga Rp5 juta ke atas. Namun dengan banderol yang ASUS tawarkan untuk Zenfone 2 Laser, ponsel ini bisa menjadi pilihan bagi Gadgeteers yang tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang hanya untuk mendapatkan fitur tertentu.

Prediksi @GadgetGaul, seri ZE500KL dan ZE550KL mungkin akan menjadi seri yang paling laris di pasaran Indonesia ketimbang ZE601KL karena faktor harga dan selera tangan orang Indonesia yang kurang cocok untuk menggenggam ponsel dengan ukuran sebesar 6 inci. Ketiga varian ini juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal spesifikasi teknis. Varian 5 inci dan 5,5 inci sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit dengan kecepatan 1.2 Ghz, RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan internal 16GB, yang bisa diperluas dengan microSD hingga kapasitas 128GB.

221002
Perbedaan yang cukup bisa dirasakan pada kedua ponsel ini terletak di tingkat kerapatan pixel yang dihasilkan dari perbedaan ukuran layar, namun dengan resolusi yang sama. ZE500KL memiliki kerapatan 294ppi dengan layar 5 incinya dan ZE550KL memiliki tingkat kerapatan 267 ppi dengan layar 5,5 incinya. Angka kerapatan layar tersebut tentu bukan yang terbaik di kelasnya namun penggunaan Gorilla Glass 4 merupakan sebuah terobosan untuk smartphone di kelasnya. Lapisan pelindung layar paling anyar buatan Corning tersebut diklaim pembuatnya mampu mereduksi kemungkinan layar pecah saat terjatuh 85% lebih baik dibandingkan dengan lapisan pelindung generasi sebelumnya, Gorilla Glass 3.

Kedua ponsel ini juga mempunyai perbedaan cukup mencolok pada kapasitas baterai yang digunakan, yakni 2.070 mAh pada ZE500KL dan 3.000 mAh pada ZE550KL. Dengan isi dapur pacu yang sama maka perbedaan kapasitas baterai ini tentu akan berpengaruh sangat signifikan pada penggunaan Gadgeteers sehari-hari.

Topik Hot Lainnya:   Ilmuwan Berhasil Ciptakan Laser Quantum Seukuran Biji Beras

Zenfone-Laser-Speakers-GG
Walaupun mengusung nama seri yang sama, ZE601KL seperti berada di dunia yang berbeda. ZE601KL menggunakan prosesor octa-core buatan Qualcomm, Snapdragon 615 dengan RAM 3GB dan kapasitas penyimpanan internal 32GB yang dapat diperbesar hingga 128GB dengan MicroSD. Resolusi Full HD 1080p juga diberikan untuk mengimbangi layarnya yang jumbo sehingga menghasilkan tingkat kerapatan 367ppi. Sayangnya dari sisi baterai, ZE601KL hanya dibekali kapasitas yang sama dengan ZE550KL yang ukuran layar dan tingkat kerapatannya lebih kecil, yakni 3.000mAh. Meski demikian, ASUS mengklaim speaker Zenfone Laser ZE601KL sebagai speaker smartphone terbaik di dunia, bahkan lebih baik dibandingkan dengan iPhone 6s+ yang memiliki banderol harga hampir 3x lipatnya.

Saat ini kisaran harga Rp2 juta – 3.5 juta, Indonesia memang sudah disesaki dengan smartphone-smartphone 4G LTE berkualitas lain seperti Alcatel Flash 2, Samsung Galaxy J5 dan Xiaomi Mi 4i. Tentunya menarik melihat kiprah Zenfone 2 Laser di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Nah, bagaimana pendapat Gadgeteers soal Zenfone 2 Laser? Apakah desain, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan ASUS sesuai dengan harga yang dibanderol dan dapat mendominasi pasar ponsel Indonesia di 2016?

221004